Indonesian Arabic English

E-Court

Berperkara Secara Elektronik

Berperkara Secara Elektronik

Zona Integritas

Anda Memasuki Wilayah Bebas Korupsi

Anda Memasuki Wilayah Bebas Korupsi

Pengadilan Agama Selayar

Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu

Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Agama Selayar

Informasi Perkara, Jadwal Sidang dan Statistik Perkara

Informasi Perkara, Jadwal Sidang dan Statistik Perkara

KORUPSI ITU HARAM!!!

Setiap Kita Melakukan KORUPSI, Berarti Kita Memangsa Anak Negeri

Setiap Kita Melakukan KORUPSI, Berarti Kita Memangsa Anak Negeri

TAHUKAH ANDA???

SEKARANG MASYARAKAT DENGAN MUDAH BISA MEMPEROLEH BANTUAN HUKUM DARI NEGARA

SEKARANG MASYARAKAT DENGAN MUDAH BISA MEMPEROLEH BANTUAN HUKUM DARI NEGARA

JADWAL SIDANG

PENELUSURAN PERKARA (SIPP)

PENGADUAN ONLINE

Putusan Terbaru :
Invalid or Broken rss link.

PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI

PENGADILAN AGAMA SELAYAR

A. Sumber pengaduan :


A.1 Dari masyarakat:

  • Para pencari keadilan atau pihak berperkara;
  • Advokat;
  • Masyarakat wnum yang bukan merupakan pihak berperkara;
  • Lembaga Bantuan Hukum;
  • Lembaga Swadaya Masyarakat; atau
  • Institusi masyarakat lainnya.

A.2 Lembaga negara lain:

  • Dewan Perwakilan Rakyat/Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;
  • Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia;
  • Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  • Kejaksaan Republik Indonesia;
  • Kantor Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia;
  • Sekretariat Negara Republik Indonesia;
  • Komisi Yudisial Republik Indonesia;
  • Komisi Pemberantasan Kompsi Republik Indonesia;
  • Ombudsman Nasional;
  • Komisi Hukum Nasional Republik Indonesia;
  • Komisi Nasional Hak Asasi Manusia; atau
  • Lembaga negara lainnya.

 
A.3 Pengaduan dari internal lembaga pengadilan:

  • Internal lembaga pengadilan, yaitu pengaduan yang disampaikan oleh aparat lembaga peradilan, termasuk keluarga hakim atau pegawai.

A.4 Laporan kedinasan:

  • Laporan kedinasan ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya.


A.5 Informasi dari :

  • Instansi lain;
  • Media massa;
  • Isu yang berkembang.

B. Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan.


C. Proses penanganan pengaduan:

  1. Pencatatan;
  2. Penelaahan;
  3. Penyaluran;
  4. Pembentukan Tim Pemeriksa;
  5. Survey pendahuluan;
  6. Menyusun rencana pemeriksaan;
  7. Pelaksanaan pemeriksaan.

D. Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Pelanggaran terhadap kode etik dan atau pedoman perilaku hakim.
  2. Penyalahgunaan wewenang atau jabatan.
  3. Pelanggaran sumpah jabatan.
  4. Pelanggaran terhadap peraturan PNS atau peraturan disiplin militer.
  5. Perbuatan tercela yaitu berupa perbuatan amoral, asusila atau perbuatan-perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat.
  6. Pelanggran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman.
  7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif.
  8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum.

Informasi Publik

Pengadilan Agama Selayar menyajikan Informasi Publik sesuai dengan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung no 144 Tahun 2007  kemudian diubah menjadi SK No. 1-144 Tahun 2011 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan dan SK KMA No 26 tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan.
Alamat
Jln. Jenderal Ahmad Yani No.133 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar - 92812
Telp/Fax
(0414) 21074
E-Mail
pa.selayar@yahoo.com
Website
http://www.pa-selayar.go.id