Indonesian Arabic English

E-Court

Berperkara Secara Elektronik

Berperkara Secara Elektronik

Zona Integritas

Anda Memasuki Wilayah Bebas Korupsi

Anda Memasuki Wilayah Bebas Korupsi

Pengadilan Agama Selayar

Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu

Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Agama Selayar

Informasi Perkara, Jadwal Sidang dan Statistik Perkara

Informasi Perkara, Jadwal Sidang dan Statistik Perkara

KORUPSI ITU HARAM!!!

Setiap Kita Melakukan KORUPSI, Berarti Kita Memangsa Anak Negeri

Setiap Kita Melakukan KORUPSI, Berarti Kita Memangsa Anak Negeri

TAHUKAH ANDA???

SEKARANG MASYARAKAT DENGAN MUDAH BISA MEMPEROLEH BANTUAN HUKUM DARI NEGARA

SEKARANG MASYARAKAT DENGAN MUDAH BISA MEMPEROLEH BANTUAN HUKUM DARI NEGARA

JADWAL SIDANG

PENELUSURAN PERKARA (SIPP)

PENGADUAN ONLINE

Putusan Terbaru :
Invalid or Broken rss link.

       

      Polassi adalah desa yang berada di kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, terletak di bagian selatan Pulau Selayar  yang merupakan pulau bagian dari kepulauan Kabupaten Selayar. Penduduk di pulau Polassi sekitar 1351 Jiwa dengan Kepala Keluarag aberjumlah 350, kepadatan penduduk pulau polassi adalah 123 orang/Km2 dengan luas pulau 10,98 Km2. Tim Pelaksana Sidang Keliling Pengadilan Agama Selayar melaksanakan Program Pelayanan Terpadu berupa Pelaksanaan Sidang diluar Gedung Pengadilan atau lebih dikenal dengan Sidang Keliling di Desa Polassi atau lebih dikenal dengan Pulau Polassi.

       

       Pelaksanaan Sidang keliling bulan Oktober tahun 2018 merupakan pelaksanaan sidang keliling yang kelima kalinya, jadi terhitung sudah lima Kegiatan untuk Program Pelayanan Terpadu pada semester ketiga ini Pengadilan Agama Selayar melakukan Kegiatan Pelayanan Terpadu. Tim yang berangkat pada Tahap pertama ada 7 personil sesuai dengan SK Ketua Pengadilan AGama Selayar No. W20-A17/132/HK.05/IX/2018 Tentang Penunjukan Tim Pelaksana Sidang Diluar Gedung Pengadilan, dengan Formasi personil, Satu Majelis Hakim yang terdiri dari Ketua adalah Abdul Rahman Salam, S.Ag.,M.H., Hakim Anggota 1, Mawir, S.H.,M.H, Hakim Anggota 2, Agus Sanwani Arif, S.H. Selanjutnya Ada Panitera Muda Gugatan, Drs. Baharuddin, Panitera Pengganti H. Jalaluddin, S.Ag.,M.H. dan Nurhaedah, S.Ag, kemudian seorang Jurusita Pengganti Andi Bobby, S.Kom.

     

     Tim Pelaksana Sidang Keliling Pengadilan Agama Selayar rencananya akan melakukan perjalanan dinas luar kota selama 2 Hari, mereka melakukan perjalanan dengan menggunakan perahu kapal yang telah disewa oleh Tim, berangkat dari kantor menuju pelabuhan Benteng Selayar tanggal 18 Oktober 2018 pukul 01.00 Dini hari menuju Pulau Polassi dengan menempuh waktu 5 jam, dengan semangat pengabdian dan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan Tim Pelaksana Sidang Pengadilan Agama Selayar rela tidur dan beristirahat beralaskan kasur busa dan selimut yang seadanya. Selama Perjalanan menuju Pulau Polassi disuguhkan dengan pemandangan malam yang cukup dingin dengan terpaan angin malam yang membuat tubuh tak mau lepas dari balutan jaket dan selimut. Selama 5 jam perjalanan akhirnya Tim sampai tepat pada pukul 06.00 pagi.

        

        Kedatangan Tim Pelaksana Sidang Keliling disambut oleh Kepala Desa Polassi dan jajarannya serta masyarakat desa Polassi. Setelah istirahat sejenak dan sarapan Tim bersiap-siap dan membenahi perlengkapan untuk melakukan sidang. Ada 9 perkara yang sudah dicatat dan siap didaftar sesuai dengan informasi dan data yang telah diberikan oleh Kepala desa Polassi. Dari 9 data perkara yang akan didaftar terdiri dari 3 Perkara Itsbat Nikah dan 6 Perkara Perceraian. Pelaksanaan Sidang keliling ini di tempatkan pada Balai Desa Pulau Polassi.

 

        Pelaksanaan Sidang Keliling di Pulau Polassi berlansung aman dan lancar tanpa ada hambatan dan gangguan dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab, sehingga pelaksanaan sidang berjalan dengan kondusif dan sesuai dengan agenda. Tim Pelaksana Sidang Keliling Pengadilan Agama Selayar merampungkan kegiatan Pelayanan Terpadu di Pulau Polassi tepat pada pukul 16.00. Setelah Melakukan Sidang, Tim beristirahat sejenak sebelum bersiap untuk kembali ke Pulau Selayar.

By.Saf3one

Selayar, 16 Oktober 2018 Pelaksanaan Sosialisasi Implementasi E-Court bertempat diruang Sidang Utama Pengadilan Agama Selayar, dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Selayar, para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan dan pegawai Pramubakti Pengadilan Agama Selayar. Kegiatan ini dipandu oleh Irwan Azis selaku operator.

Kegiatan Sosialisasi Implementasi E-Court ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Selayar selaku Narasumber, dalam pemaparan beliau menyampaikan pengertian E-court Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, bahwa dengan adanya aplikasi ini msyarakat pencari keadilan akan lebih mudah dalam melakukan proses beracara di Pengadilan, beliau juga menjelaskan urgensi pengimplementasian E-Court ini sangat penting guna mewujudkan peningkatan pemberian pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan sebagai wujud pengimplementasian amanah UU No. 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman mengenai peradilan yang memuat asas Sederhana Cepat dan biaya Murah.

Antusiasme pengimplementasian E-Court di Pengadilan Agama Selayar ditunjukkan dengan respon positif oleh para Pejabat dan Aparatur Pengadilan Agama Selayar, beberapa perntanyaan-pertanyaan yang muncul dalam sesi diskusi juga menunjukkan bahwa rasa keingintahuan para pejabat dan aparatur Pengadilan Agama Selayar cukup tinggi. Komitmen dan Dukungan akan selalu dibutuhkan oleh segenap entitas dan unsur pengadilan untuk mewujudkan seluruh kebijakan dan program turunan yang dikeluarkan oleh Mahakamah Agung serta Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, tutupnya Ketua Pengadilan Agama Selayar, Abdul Rahman Salam, S.Ag.,M.H.

By:saf3one

Bertempat dihalaman Gedung Pengadilan Negeri Selayar, unsur Pimpinan, para Hakim, seluruh Pejabat Fungsional dan Aparatur Sipil Negara serta Pegawai Honorer Pengadilan Negeri dan Agama Selayar, pada Hari Jumat 17 Agustus 2018 Pukul 08.00 WITA, mengikuti upacara peringatan HUT RI Ke-73 di halaman Pengadilan Negeri Selayar.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Negeri Selayar Bpk. Royke Harold Ingkriwan,S.H. dengan Komandan Upacara Cakim Pengadilan Negeri Selayar Yasir Adi Pratama, SH. Upacara diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih dan yang bertugas sebagai pengibar bendera adalah, Ratyan Noer Hartiko, SH., Muhammad Nurkhan, S.H., Andrian Hilman, SH, MKn

Petugas Pengibar Bendera

Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Teks Pancasila serta Teks Prokamasi oleh Inspektur Upacara.

Dalam kesempatan itu di laksanakan juga penyematan tanda Penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun, yang diserahkan langsung oleh Bpk. Ketua Pengadilan Negeri Selayar. 

 

Setelah berakhirnya upacara HUT-RI ke-72, seluruh jajaran Pejabat dan Pegawai Pengadilan Negeri dan Agama Selayar berfoto bersama di halaman Gedung Kantor PN Selayar.

By. Saf3one

Selasa, 14 Agustus 2018, Bertempat di  Aula Pengadilan Agama Selayar, digelar Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dalam rangka melaksanakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah, Pengadilan Agama Selayar mengadakan penandatangan Pakta Integritas dan Komitmen Bersama dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan WiIayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Selayar Abdul Rahman Salam, S.Ag., M.H. dan dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas Dan Ikrar Pencanangan Zona Integritas.

Selayar- KM Lestari Maju tenggelam di perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kapal tujuan Pamatata itu mengalami bocor di bagian lambungnya.

Dirangkum detikcom, Rabu (4/7/2018), kapal yang dinakhodai Agus Susanto, membawa 139 penumpang. Nakhoda mengandaskan kapal sekitar 300 meter dari Pantai Pa'badilang. Saat kejadian, cuaca di lokasi perairan sedang tidak bersahabat.

"Diperkirakan terjadi kebocoran di lambung kiri kapal sehingga tenggelam," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kepada wartawan, Selasa (3/7/2018).

Polisi menyebut 12 penumpang KM Lestari Maju meninggal dunia. Korban tewas diduga tidak menggunakan life jacket.

Baca juga: Polisi: 12 Penumpang KM Lestari Maju Meninggal


"Update terbaru saat ini ada sebanyak 12 orang penumpang kapal dinyatakan meninggal dunia. Satu di antaranya merupakan seorang bayi," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani, saat dikonfirmasi terpisah.

Berdasarkan data manifes, KM Lestari Maju mengangkut 18 motor, 14 mobil, 8 kendaraan golongan V, dan 8 kendaraan golongan VI. Total ada 139 penumpang dalam kapal.

Hingga tadi malam, tim gabungan melakukan pencarian terhadap korban. Bahkan TNI AL mengerahkan kapal perang untuk mencari korban kapal nahas itu.

Baca juga: KM Lestari Maju Tenggelam Saat Cuaca Buruk di Selayar Sulsel


KRI Madidihang-855 dikerahkan cari korban KM Lestari MajuKRI Madidihang-855 dikerahkan cari korban KM Lestari Maju (Foto: Dok. Lantamal VI/Makassar TNI AL)

Tim SAR Lantamal VI mengerahkan sejumlah KRI yang terdiri dari KRI Madidihang-855 (bantuan dari Koarmada II), KAL Suluh Pari I.6-60 dan Sea Rider, serta dua tim Marinir. Tim SAR berangkat dari Dermaga Layang Mako Lantamal VI.

"Setelah menerima informasi dari pemerintahan setempat tentang adanya kejadian kecelakaan tenggelamnya KMP Lestari Maju di sekitar wilayah perairan Kabupaten Selayar, Sulsel, kami sesegera mungkin mengirimkan beberapa unsur di jajaran Lantamal VI," kata Danlantamal VI Laksma Dwi Sulasono dalam keterangannya.

Sumber:https://news.detik.com/berita/4096911/tragedi-km-lestari-maju-tenggelam-di-selayar

Selayar, Selasa 03 Juli 2018 Rapat Evaluasi bulanan Pengadilan Agama Selayar dilaksanakan di ruang sidang utama Pengadilan Agama Selayar yang dirangkaikan dengan Halal Bihalal. Rapat Evaluasi bulan ini membahas mengenai Komitmen Tim SAPM (Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu) yang selalu harsu dikonsistenkan dan tetap kompak karena hakikat dari Sertifikasi akreditasi ini merujuk pada peningkatan mutu pelayanan yang senantiasa harus selalu diaplikasikan kepada masyarakat pencari keadilan, sambutnya ketua TIM SAPM Pengadilan Agama Selayar.

Dalam Penyampaiannya Ketua TIM SAPM Pengadilan Agama Selayar menitikberatkan pada kesiapan TIM SAPM dalam mengelolah dokumen-dokumen yang merupakan poin utama dalam penilaian (Assestment) SAPM Satuan kerja. Jadwal Assestment yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Nopember 2018, Pengadilan Agama Selayar sudah selayaknya masuk daftar Assestment yang dilakukakan oleh Korwil PTA Makassar, namun mengingat keterbatasan Tim Assestment wilayah yang masih kekurangan personil, tidak menjadikan Pengadilan Agama Selayar pessimis dan tetap optimis untuk mendapatkan Sertifikasi Akreditasi.

Rapat evaluasi bulan juli 2018 ini membahas juga mengenai komitmen pegawai honorer untuk senantiasa terlibat dan mengambil bagian untuk selalu membantu meskipun aktifitas dan kegiatan yang dilaksanakan itu bukan merupakan tugas pokok, penyampaian Ketua Pengadilan Agama Selayar. Ketua Pengadilan Agama Selayar juga menekankan bagian kesekretariatan untuk membackup segala kebutuhan TIM SAPM dalam melaksanakan segala kegiatan dan aktifitas SAPM. Hal senada juga ikut disinggung oleh Wakil Panitera Pengadilan Agama Selayar untuk dibantu bagian kepaniteraan dalam merampungkan dokumen-dokumen utamanya backup data digital kedalam data server. Beliau optimis bahwa assestment yang akan dilakukan setiap tahunnya akan mendapatkan nilai Excellent, Tutupnya.

 

By:safeone

Pagi yang cerah dihari kamis tanggal 8 Februari 2018, Pengadilan Agama Selayar melaksanakan agenda sidang keliling yang merupakan program peningkatan manajemen peradilan agama dengan kegiatan penyelesaian perkara diluar gedung pengadilan. Program peningkatan manajemen peradilan telah termuat dalam rencana strategis Pengadilan Agama Selayar yang akan terus dilaksanakan tiap tahunnya guna mewujudkan pemberian pelayanan kepada masyarakat yang maksimal sehingga tercapai misi pengadilan.

Pelaksanaan sidang keliling awal tahun 2018 ini direncakanan akan dilaksanakan sepenuhnya didaratan, tempat pelaksanaan perdana sidang keliling ini berlokasi di Kantor Urusan Agama Kecamatan Bontomatene yang berada di Kelurahan Batammata. Jarak antara Kota Benteng dan Kelurahan Batammata dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan mengendarai kendaraan roda 4. Tim Pelaksana sidang keliling tanggal 8 Februari 2018 beranggotakan 1 majelis, dua panitera dan seorang jurusita pengganti serta pengamanan dan seorang supir, berdasarkan SK No. W20-A17/86/HK.05/SK/I/2018.

Sidang keliling perdana ini dilaksanakan dengan penuh khidmat dan aman dengan dukungan Tim yang solid dan aparatur KUA yang antusias menerima dan menjamu serta sambutan Kepala KUA Kecamatan Bontomatene yang sangat hangat dan penuh kekeluargaan. Kepala KUA dalam sambutannya sangat apresiatif dan senang sekali dalam percakapan dengan Ketua Pengadilan Agama Selayar dan mengatakan bahwa akan selalu membuka lebar pintu KUA Kec. Bontomatene jikalau akan digunakan untuk pelaksanaan sidang keliling seperti ini, serta akan selalu menjalin kerjasama guna pemberian pelayanan kepada masyarakat.

By:saf3one

Informasi Publik

Pengadilan Agama Selayar menyajikan Informasi Publik sesuai dengan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung no 144 Tahun 2007  kemudian diubah menjadi SK No. 1-144 Tahun 2011 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan dan SK KMA No 26 tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan.
Alamat
Jln. Jenderal Ahmad Yani No.133 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar - 92812
Telp/Fax
(0414) 21074
E-Mail
pa.selayar@yahoo.com
Website
http://www.pa-selayar.go.id