Indonesian Arabic English

E-Court

Berperkara Secara Elektronik

Berperkara Secara Elektronik

Zona Integritas

Anda Memasuki Wilayah Bebas Korupsi

Anda Memasuki Wilayah Bebas Korupsi

Pengadilan Agama Selayar

Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu

Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Agama Selayar

Informasi Perkara, Jadwal Sidang dan Statistik Perkara

Informasi Perkara, Jadwal Sidang dan Statistik Perkara

KORUPSI ITU HARAM!!!

Setiap Kita Melakukan KORUPSI, Berarti Kita Memangsa Anak Negeri

Setiap Kita Melakukan KORUPSI, Berarti Kita Memangsa Anak Negeri

TAHUKAH ANDA???

SEKARANG MASYARAKAT DENGAN MUDAH BISA MEMPEROLEH BANTUAN HUKUM DARI NEGARA

SEKARANG MASYARAKAT DENGAN MUDAH BISA MEMPEROLEH BANTUAN HUKUM DARI NEGARA

JADWAL SIDANG

PENELUSURAN PERKARA (SIPP)

PENGADUAN ONLINE

Putusan Terbaru :
Invalid or Broken rss link.

Tim Pembina dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Makassar telah menempuh jarak kurang lebih 277,8 Km guna melakukan pengawasan dan pembinaan dengan mengendarai kendaraan roda 4. Mengawali perjalanan sejak hari senin tanggal 11 Februari 2019 menuju Pengadilan Agama Bantaeng sebagai tujuan lokasi pertama sebelum Tim bertolak ke Pengadilan Agama Selayar pada hari Rabu tanggal 13 Februari 2019.

Timwas PTA Makassar yang diketuai oleh Drs. H. Khaeruddin, S.H.,M.Hum. tiba di pelabuhan Pamatata pukul 14.15 hari Rabu tanggal 13 Februari 2019 setelah kurang lebih, 2 jam mengarungi lautan selat Selayar dengan menggunakan Ferry ASDP Bontoharu, yang kemudian akan menempuh perjalanan darat lagi kurang lebih 45 Km dari Pelabuhan Pamatata menuju Pengadilan Agama Selayar dengan menggunakan kendaraan dinas yang telah menunggu Timwas di pelabuhan Pamatata. Setiba di kota Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar tepat pukul 16.30 Timwas terlebih dahulu dijamu dengan hidangan khas kepulauan Selayar yaitu nasi santan, Setelah melakukan santap siang menjelang sore hari, Timwas lansung ke kantor Pengadilan Agama Selayar untuk melakukan pengamatan serta pengawasan dini, sebelum beristirahat karna mengingat masih lelah setelah melakukan perjalanan. Timwas PTA Makassar yang dimotori oleh Drs. H. Khaeruddin, S.H.,M.Hum. sebagai Ketua membawa beberapa Personil diantaranya Amiruddin, SH, sebagai  anggota Hasanuddin R, ST.,MM sebagai Sekretaris.

Pengawasan dan pembinaan berjalan dengan nyaman dan santai, yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 Februari 2019. Timwas yang tediri dari Ketua, anggota dan sekertaris, terus memeriksa dan mengamati semua aspek dan unsur yang ada di Pengadilan Agama Selayar mulai dari keadaan fisik kantor, kebersihan, penataan sarana dan prasarana, serta rencana pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya, untuk bagian administrasi Timwas memeriksa dan mengawasi seluruh dokumen-dokumen dan arsip-arsip yang terkait dengan pelaksanaan proses hukum beracara, dalam hal ini pemeriksaan difokuskan pada bagian Kepaniteraan. Bagian kesekretariatan juga turut mejadi perhatian khusus, bagian ini untuk hal pemeriksaan dan pengawasannya ditangani oleh Hasanuddin R,ST.,MM, selaku Sekretaris Timwas PTA Makassar.

 

Temuan temuan dari hasil pengawasan dan pembinaan diekspos dan dievaluasikan pada akhir pelaksanaan pengawasan yaitu pada sore hari pukul 17.00 hingga 18.00 waktu indonesia tengah, beberpa hasil temuan dipimpin disampaikan lansung oleh ketua timwas Pengadilan Tinggi Agama Makassar dalam hal ini bapak Drs. H. Khaeruddin, SH.,M.Hum. beberapa temuan temuannya adalah bagian Manajemen Peradilan, Administrasi Perkara, dan Administrasi Umum, di beberapa temuan sebagian besarnya hanya berada pada ketidak sempurnaan pengelolaan adminstrasi. Kertas Kerja Pemeriksaan diserahterimakan lansung dari Ketua Timwas Drs. H. Khaeruddin, SH.,M.Hum kepada Ketua Pengadilan Agama Selayar, Abdul Rahman Salam, S.Ag.,MH.

Timwas PTA Makassar merampungkan kegiatan pembinaan dan pengawasan tepat pukul 18.00 hari Kamis tanggal 14 Februari 2019, dan bersiap untuk meninggalkan kabupaten kepulauan Selayar keesokan harinya. sebuah kesan yang mendalam yang dilontarkan oleh Timwas PTA Makassar, bahwa kondisi kabupaten Kepulauan Selayar begitu tenang dan aman dan kondisi ini tercermin juga pada kondisi dan keadaan kantor Pengadilan Agama Selayar yang tenang dan bersahaja, tutupnya 'ketua Timwas.

 

By:saf3one

Selasa, 8 Januari 2019 bertempat di Ruang sidang Utama Pengadilan Agama Selayar, telah dilaksanakan Rapat pembahasan program kerja tahun anggaran 2019. Rapat Pembahasan program kerja ini dihadiri oleh segenap pegawai Pengadilan Agama Selayar, baik dari unsur pimpinan, hakim, pejabat kepaniteraan, pejabat kesekretariatan hingga pegawai honorer.

Program Kerja yang dijabarkan oleh Kasubag Perencanaan, TI dan Pelaporan memuat beberapa program kerja serta rencana kegiatan yang berorientasi pada peningkatan Kualitas dan kinerja para pegawai diantaranya program kerja mengenai menggiatkan pembinaan rohani dan jasmani, senantiasa melakukan pengajuan usulan diikutsertakan dalam sosialisasi dan bimtek.

Pembahasan Program kerja ini mendapat beberapa perubahan karena usulan dan masukan dari beberapa pegawai yang dianggap kurang relevan.

By: Saf3one

 

Bertempat dihalaman belakang Kantor Pengadilan Agama Selayar, Selasa, 20 Nopemeber 2018 telah dilaksanakan simulasi penangan kebakaran dan reaksi tanggap cepat tentang bagaimana penanganannya.

Kegiatan Simulasi ini dilakukan dengan melakukan kerjasama antara Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Selayar. kegiatan simulasi ini adalah suatu kegiatan yang dibuat guna memberikan pengalaman dan edukasi kepada aparatur pengadilan agama selayar tentang bagaimana sikap dan tindakan yang akan dilakukan jika terjadi hal-hal yang diluar dugaan khususnya yang berkenaan dengan kebakaran. dalam simulasi ini Tim Damkar Kepulauan selayar memberikan pemahaman tentang pentingnya mengelola kepanikan dan langkah evakuasi jika terjadi kebakaran. Tim Damkar juga memberikan contoh dan aksi penanganan dini jika ada kebakaran kecil yang berpotensi menjadi kebakaran besar. Inti dari penangan kebakaran dan langkah reaksi cepat adalah penguasaan rasa panik, jadi seorang evakuator tidak boleh panik duluan jika terjadi keadaan yang tidak diinginkan, (tutupnya) kordinator Tim Simulasi Penanganan Kebakaran dalam hal ini Muhammad Asri.

Jum'at, 16 Nopember 2018 bertempat di Aula ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Selayar, Pencanangan Zona Inetgritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK) dan (WBBM) dilaksanakan. Kegiatan Pencanangan Zona Integritas dihadiri oleh unsur muspida dan mitra kerja Pengadilan Agama Selayar, dan aparatur Pengadilan Agama selayar. Tamu dari unsur Muspida dihadiri oleh Asisten 1 Setda Selayar, Dandim 1415 Selayar, Wakapolres Selayar, Ketua Pengadilan Negeri Selayar, Kepala Kejaksaan Negeri Selayar, LBH Saenuddin P, Ketua Pengadilan Agama Selayar dan para tamu undangan.

Kegiatan Pencanangan Zona Integritas (WBK) dan (WBBM) telah digagas dan diagendakan 3 bulan sebelumnya tepatnya bulan Oktober 2018, namun baru bisa terealisasi bulan Nopember 2018, hal ini dikarenakan kepadatan agenda-agenda penting dari unsur muspida sebagai mitra kerja pengadilan, dan juga kesibukan aparatur pengadilan agama selayar. Seminggu sebelum kegiatan ini dilaksanakan Aparatur dan beberapa Pejabat melakukan kunjungan dan mensosialisasikan rencana pelaksanaan kegiatan ini kepada pimpinan instansi dan kepala kantor, diantara ke Kantor Bupati dan diterima lansung oleh Bupati Kepulauan Selayar Bapak Basli Ali di ruang kerja beliau, selanjutnya bertemu dengan Kepala Kepolisian Resort selayar yang diwakilkan oleh Kepala sub bagian Umum, dikarenakan pada hari itu Bapak Kapolres sedang berada diluar kota, kemudian para pejabat dan beberapa aparatur pengadilan berkunjung ke Kejaksaan Negeri Selayar dan diterima oleh KASI Intel, selanjutnya ke kantor Pengadilan Negeri Selayar dan diterima oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Selayar.

Rangkaian Acara Pencanangan Zona Integritas ini meliputi Pembacaan Ikrar Zona Integritas oleh seluruh aparatur dan pejabat Pengadilan Agama Selayar yang dilanjutkan dengan Penandatangan Piagam Zona Integritas oleh Ketua Pengadilan Agama Selayar serta disaksikan oleh saksi-saksi dari Unsur Muspida dan turut menandatangani sebagai wujud penyaksian dari Ikrar Pencananngan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK) dan (WBBM).

Setelah seluruh rangkaian acara terlaksana dengan khidmat dan sederhana serta berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan halangan apapun seluruh Tamu dan undangan bersama Pejabat dan aparatur Pengadilan Melakukan Foto Bersama.

By: Saf3one

 

Bertempat di Aula Ruang sidang Utama Pengadilan Agama Selayar, Selasa 23 Oktober 2018, Pelaksanaan Acara Pengantar Alih Tugas Wakil Panitera H. Ismail, S.Ag.,M.H., Pengadilan Agama Selayar berlansung secara Khidmat dan penuh keharuan. Riwayat Jabatan beliau diawali dengan pengangkatan CPNS tahun 1999 dan menjadi pegawai negeri sipil Pengadilan Agama Selayar Tahun 2000, selanjutnya pada tahun 2001 diangkat menjadi jurusita pengganti, tidak berselang satu tahun beliau kembali dipromosi menjadi KAUR Keuangan pada bulan Oktober tahun 2001. Karir jabatan dalam Urusan Kesekretariatan hanya berlansung kurang lebih 2 tahun dan beliau kembali di promosi untuk menjadi Panitera pengganti, di tahun 2003 pada satker yang sama yaitu Pengadilan Agama Selayar, kemudian ditahun 2004 kembali mendapatkan promosi menjadi Panmud Permohonan hingga 2010, dan terakhir menjadi Wakil panitera ditahun 2011 hingga sekarang tahun 2018 bulan Oktober mendapat Promosi ke Pengadilan Agama Pasangkayu untuk menduduki jabatan sebagai Panitera.

 

 Acara Pelepasan ini dihadiri oleh segenap keluarga besar Pengadilan Agama Selayar, Mulai dari Ketua Pengadilan Agama Selayar, Para Hakim, Panitera, Sekretaris Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan, Para Pegawai Pramubakti dan Ibu-ibu Dharmayukti. segenap tamu dan undangan yang hadir mengikuti prosesi acara pengantar alih tugas Wakil Panitera H. Ismail, S.Ag.,M.H dengan perasaan sedih dan haru, karena selama 18 tahun bersama dalam suasana kerabat kerja, teman, sahabat dan sebagai bagian keluarga besar Pengadilan Agama Selayar banyak moment, kejadian serta pengalaman-pengalaman yang tak akan pernah terlupakan oleh segenap Warga Pengadilan Agama Selayar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Selayar, untuk selalu saling merangkul dan tetap bersinergi dalam mencapai tujuan, harus selalu membangun komunikasi yang baik dan tetap bersatu untuk kemajuan dan pembangunan Pengadilan Agama Selayar. Beliau juga berpesan untuk mengedepankan sikap tenggang rasa dan saling menghormati dalam merumuskan suatu kebijakan, terasa berat meninggalkan kantor yang selama kurang lebih 19 tahun pengabdian, telah mencurahkan tenaga dan pikiran semata hanya untuk keberhasilan kemajuan Pengadilan Agama Selayar (tukasnya).

 

Dalam acara Pengantar Tugas ini juga turut diselingi dengan pembacaan Puisi dan pantun perpisahan seorang sahabat, yang diantarkan oleh Panitera Pengadilan Agama Selayar. selingan Puisi juga diberikan oleh Nurlaela S.Kom, sebagai salam perpisahan, Nurlaela ini merupakan bawahan beliau yang penuh tanggung jawab dan pengabdian mendampingi dan membantu beliau melaksanakan tugas-tugas yang berat. Pembacaan selingan puisi ini cukup membuat haru suasana ruangan, sehingga tak terasa beberapa tamu yang hadir tak terasa menitikkan air mata, karena keharuan dari pembacaan puisi.

Sambutan Ketua Pengadilan Agama Selayar cukup memberikan kesan yang berbeda, karena menceritakan kisah waktu masa kuliah yang ternyata seangkatan dan satu fakultas dengan Wakil Panitera H. Ismail,S.Ag.,M.H., Ketua Pengadilan Agama Selayar menceritakan pengalamannya selama masa kuliah dan berinteraksi dengan H. Ismail, bahwa beliau merupakan sosok pekerja keras dan mempunyai tekad yang besar dalam mewujudkan sebuah cita-cita, Ketua Pengadilan Agama Selayar juga bercerita mengenai pengalaman selama bermitra kerja selama kurang lebih 2 tahun, bahwa H. Ismail merupakan sosok yang religius dan juga jenaka, merupakan orang yang cerdas dan bijak, bisa menempatkan suatu keadaan dengan moment yang tepat. Akhir sambutan Ketua Pengadilan Agama Selayar berpesan untuk selalu mengingat dan tetap jalin komunikasi yang hangat kepada satker yang ditinggalkan dan mendoakan kesuksesan dalam meraih cita-cita ditempat satker yang baru, dan menutup sambutan dengan berpantun, "Sihabib Beli Es, Makannnya Dipermandian, Jangan Bersedih, Kelak Kita bersua Kemudian (tutupnya).

 

Acara Pengantar alih tugas dan pelepasan ini ditutup dengan pembacaan Doa' yang dibawakan oleh Mawir, S.Hi.,M.H, dan pemberian kenang-kenangan serta cinderamata dari aparatur Pengadilan Agama Selayar, serta berfoto bersama.

By: saf3one

       

      Polassi adalah desa yang berada di kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, terletak di bagian selatan Pulau Selayar  yang merupakan pulau bagian dari kepulauan Kabupaten Selayar. Penduduk di pulau Polassi sekitar 1351 Jiwa dengan Kepala Keluarag aberjumlah 350, kepadatan penduduk pulau polassi adalah 123 orang/Km2 dengan luas pulau 10,98 Km2. Tim Pelaksana Sidang Keliling Pengadilan Agama Selayar melaksanakan Program Pelayanan Terpadu berupa Pelaksanaan Sidang diluar Gedung Pengadilan atau lebih dikenal dengan Sidang Keliling di Desa Polassi atau lebih dikenal dengan Pulau Polassi.

       

       Pelaksanaan Sidang keliling bulan Oktober tahun 2018 merupakan pelaksanaan sidang keliling yang kelima kalinya, jadi terhitung sudah lima Kegiatan untuk Program Pelayanan Terpadu pada semester ketiga ini Pengadilan Agama Selayar melakukan Kegiatan Pelayanan Terpadu. Tim yang berangkat pada Tahap pertama ada 7 personil sesuai dengan SK Ketua Pengadilan AGama Selayar No. W20-A17/132/HK.05/IX/2018 Tentang Penunjukan Tim Pelaksana Sidang Diluar Gedung Pengadilan, dengan Formasi personil, Satu Majelis Hakim yang terdiri dari Ketua adalah Abdul Rahman Salam, S.Ag.,M.H., Hakim Anggota 1, Mawir, S.H.,M.H, Hakim Anggota 2, Agus Sanwani Arif, S.H. Selanjutnya Ada Panitera Muda Gugatan, Drs. Baharuddin, Panitera Pengganti H. Jalaluddin, S.Ag.,M.H. dan Nurhaedah, S.Ag, kemudian seorang Jurusita Pengganti Andi Bobby, S.Kom.

     

     Tim Pelaksana Sidang Keliling Pengadilan Agama Selayar rencananya akan melakukan perjalanan dinas luar kota selama 2 Hari, mereka melakukan perjalanan dengan menggunakan perahu kapal yang telah disewa oleh Tim, berangkat dari kantor menuju pelabuhan Benteng Selayar tanggal 18 Oktober 2018 pukul 01.00 Dini hari menuju Pulau Polassi dengan menempuh waktu 5 jam, dengan semangat pengabdian dan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan Tim Pelaksana Sidang Pengadilan Agama Selayar rela tidur dan beristirahat beralaskan kasur busa dan selimut yang seadanya. Selama Perjalanan menuju Pulau Polassi disuguhkan dengan pemandangan malam yang cukup dingin dengan terpaan angin malam yang membuat tubuh tak mau lepas dari balutan jaket dan selimut. Selama 5 jam perjalanan akhirnya Tim sampai tepat pada pukul 06.00 pagi.

        

        Kedatangan Tim Pelaksana Sidang Keliling disambut oleh Kepala Desa Polassi dan jajarannya serta masyarakat desa Polassi. Setelah istirahat sejenak dan sarapan Tim bersiap-siap dan membenahi perlengkapan untuk melakukan sidang. Ada 9 perkara yang sudah dicatat dan siap didaftar sesuai dengan informasi dan data yang telah diberikan oleh Kepala desa Polassi. Dari 9 data perkara yang akan didaftar terdiri dari 3 Perkara Itsbat Nikah dan 6 Perkara Perceraian. Pelaksanaan Sidang keliling ini di tempatkan pada Balai Desa Pulau Polassi.

 

        Pelaksanaan Sidang Keliling di Pulau Polassi berlansung aman dan lancar tanpa ada hambatan dan gangguan dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab, sehingga pelaksanaan sidang berjalan dengan kondusif dan sesuai dengan agenda. Tim Pelaksana Sidang Keliling Pengadilan Agama Selayar merampungkan kegiatan Pelayanan Terpadu di Pulau Polassi tepat pada pukul 16.00. Setelah Melakukan Sidang, Tim beristirahat sejenak sebelum bersiap untuk kembali ke Pulau Selayar.

By.Saf3one

Selayar, 16 Oktober 2018 Pelaksanaan Sosialisasi Implementasi E-Court bertempat diruang Sidang Utama Pengadilan Agama Selayar, dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Selayar, para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan dan pegawai Pramubakti Pengadilan Agama Selayar. Kegiatan ini dipandu oleh Irwan Azis selaku operator.

Kegiatan Sosialisasi Implementasi E-Court ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Selayar selaku Narasumber, dalam pemaparan beliau menyampaikan pengertian E-court Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, bahwa dengan adanya aplikasi ini msyarakat pencari keadilan akan lebih mudah dalam melakukan proses beracara di Pengadilan, beliau juga menjelaskan urgensi pengimplementasian E-Court ini sangat penting guna mewujudkan peningkatan pemberian pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan sebagai wujud pengimplementasian amanah UU No. 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman mengenai peradilan yang memuat asas Sederhana Cepat dan biaya Murah.

Antusiasme pengimplementasian E-Court di Pengadilan Agama Selayar ditunjukkan dengan respon positif oleh para Pejabat dan Aparatur Pengadilan Agama Selayar, beberapa perntanyaan-pertanyaan yang muncul dalam sesi diskusi juga menunjukkan bahwa rasa keingintahuan para pejabat dan aparatur Pengadilan Agama Selayar cukup tinggi. Komitmen dan Dukungan akan selalu dibutuhkan oleh segenap entitas dan unsur pengadilan untuk mewujudkan seluruh kebijakan dan program turunan yang dikeluarkan oleh Mahakamah Agung serta Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, tutupnya Ketua Pengadilan Agama Selayar, Abdul Rahman Salam, S.Ag.,M.H.

By:saf3one

Informasi Publik

Pengadilan Agama Selayar menyajikan Informasi Publik sesuai dengan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung no 144 Tahun 2007  kemudian diubah menjadi SK No. 1-144 Tahun 2011 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan dan SK KMA No 26 tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan.
Alamat
Jln. Jenderal Ahmad Yani No.133 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar - 92812
Telp/Fax
(0414) 21074
E-Mail
pa.selayar@yahoo.com
Website
http://www.pa-selayar.go.id