logo

×

Warning

Gantry 5 Particle: Cannot display content; not in Gantry 5 template!

Hikmah Isra' Miraj'

Written by Administrator.

Nabi Muhammad SAW adalah nabi dan rosulullah terakhir yang diutus oleh Allah SWT di dunia. Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu perintah dan larangan dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril as untuk disampaikan kepada kaumnya. Lain hal dengan perintah ibadah sholat. Allah SWT mengundang langsung Nabi Muhammad SAW menghadap Allah SWT secara langsung untuk menerima perintah sholat. Ini menandakan betapa pentingnya ibadah sholat itu sendiri.

Peristiwa Nabi Muhammad SAW menghadap kepada Allah SWT untuk menerima perintah sholat ini adalah suatu perjalanan luar biasa. Sebuah perjalanan dari Kota Mekkah menuju Masjidil Aqso kemudian melanjutkan ke sidrotu muntaha menaiki buroq.

Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW ditampakkan dengan jelas keadaan surga dan neraka. Dan Nabi Muhammad SAW adalah satu-satunya manusia yang diizini melihat keadaan surga dan neraka dengan jelas semasa hidup. Nabi Muhammad SAW 2x melihat surga dan neraka yakni perjalanan isra' miraj' ini dan setelah sholat gerhana.

Awalnya, Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad SAW dan umatnya untuk mengerjakan sholat 50X dalam satu hari satu malam. Ketika Nabi Muhammad SAW dalam perjalan turun ke bumi, Nabi Muhammad SAW berpapasan dengan Nabi Musa as.

Nabi Musa as menyarankan agar Nabi Muhammad SAW untuk kembali menghadap Allah SWT untuk meringankan sholat 50X. Setelah beberapa kali Nabi Muhammad SAW, akhirnya Allah SWT menetapkan sholat 5 waktu dalam sehari semalam untuk umat Nabi Muhammad SAW. Meskipun 5 waktu, nilai pahalanya membandingi 50 waktu.

Semoga hikmah Isra' dan Miraj' ini, Allah SWT senantiasa menggolongkan kita sebagai hamba-hamba yang ahli sholat. Aamiiin YRA.